Skip to content

Geminasi Anomali Tumbuh Kembang Gigi

December 25, 2012

Geminasi Anomali Tumbuh Kembang Gigi – Inilah artikel kesehatan tentang Geminasi atau Anomali Tumbuh Kembang Gigi yang sering terjadi pada anak-anak.

Gemination (geminasi) adalah suatu keadaan di mana satu benih gigi mengalami proses pemisahan yang tidak sempurna pada saat perkembangannya, sehingga mahkotanya tampak terbelah tapi memiliki satu akar.

Geminasi Anomali Tumbuh Kembang Gigi

Penyebab Geminasi Anomali Tumbuh Kembang Gigi

Kelainan tumbuh kembang gigi ini dapat diturunkan dari orang tua ke anak. Untuk membedakan geminasi dengan fusi, Anda dapat menghitung jumlah gigi. bila jumlah gigi tidak kurang dari jumlah normal, maka kelainan tersebut adalah geminasi. Biasanya dokter gigi akan melakukan pemeriksaan radiografik untuk melihat kondisi ruang pulpa, bentuk akar dan saluran akar.

Mahkota gigi yang mengalami geminasi terlihat lebih lebar daripada gigi normal, dengan cekungan pada tengah-tengah mahkota, membujur dari puncak mahkota sampai leher mahkota gigi. Jumlah gigi normal. Kelainan ini dapat terjadi pada gigi susu maupun gigi tetap.

Cara Perawatan Geminasi

Lakukan konsultasi sesegera mungkin ke dokter gigi. Perawatan yang diberikan dapat berupa pengasahan dan perbaikan bentuk gigi untuk mendapatkan ukuran yang normal.

Itulah sedikit info mengenai penyebab dan cara perawatan geminasi yaitu kasus keanehan (anomali) tumbuh kembang gigi yang sering ditemui pada anak-anak. Baca juga cara mendapatkan berat badan ideal dan juga penyebab cacar air pada anak, semoga bermanfaat.

From → Kesehatan

Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: